Tuesday, April 21, 2009

The Trophy

Kemarin siang, pembantu gue mengirim SMS;
‘Bu, tolong telepon Helena di rumah.’
Wah tumben nih pembantu gue sms, gue pikir dgn setengah panik.
Mana kerjaan gue lagi urgent2nya.
Langsung gue telp. Eh yg ngangkat pembantu yang satu lagi, ktnya Helena lagi ke rumah opung, jd gue telp ke rmh opungnya.
“Mama, aku dapat piala,” teriak Helena di telepon. “Aku juara satu baca puisi.”
Wah, langsung seneng banget gue!
“Selamat ya sayang,” kata gue. Suara Helena kayaknya happy banget. langsung gue sms suami, suruh dia juga telp anaknya.

Jadi di TK nya helena, ada dua pilihan kontes dalam rangka hari kartini, lomba busana daerah sama baca (deklamasi) puisi kartini dalam bhs inggris.
Waktu mau milih lomba ini, gue tanya sama Helena mau yg mana, katanya mau dua2nya, tapi kan harus milih. Nah dgn beberapa pertimbangan, gue dan suami memutuskan mengisi form lomba dgn lomba puisi.

Pertimbangan gue sih sbb:
1. lomba busana, hanya lomba penampilan fisik semata, bukan karya anak, tp karya /kreatifitas orangtua
2. Lomba puisi, adalah lomba anaknya sendiri, sebab dia yg perform dan hapalin teks, jadi lomba yang pake otak, bukan fisik doing
3. Helena udah beberapa hari hapalin puisi dan udah hapal, tinggal improvisasi dikit (leave it to her mother, hehehe)
4. gue sibuk banget selama weekend jd gak sempet beli perlengkapan lomba busana
5. bukan mau sombong, Helena kan udah cakep, mau dipakein apa aja pasti kece, tapi gue gak mau dia berprestasi hanya di bidang fisikal seperti itu

jadi helena hanya kita selempangin ulos dan dipakein rok ulos serta dikuncir dan dikirim lomba ke sekolahnya.

Begitulah, pagi harinya pas kita nyium dia seblm sklh, gue dan suami bilang: “Semoga juara ya...” tanpa tekanan lho. Lebih ke arah memberi semangat dan harapan.

Di teks puisi itu (mgkn ini intinya), ada kalimat “YOU ARE MY TRUE HERO”, dan di bagian ini gue udah ajarin Helena untuk ngacung tangan tinggi dan teriak pas nyebut “hero” nya. Dan pas latihan di rumah, pembantu2 dan suami gue udah ngakak ngeliat gaya dia yg semanga banget. dalam hati gue juga ada feeling dia bakalan juara puisi ini, walau mgkn gak juara satu.

Gue rasa di sekolah juga pasti gaya puisi helena begitu jdnya, bikin ngakak juri dan penonton, hahaha. Trus bagian akhir puisinya adalah kata2 “I WILL REMEMBER YOU FOREVER”, dan helena menaruh jari di kening, trus gue ajarin Helena tersenyum dengan jari ditaruh di kedua pipi denga senyum centil sambil menekuk lutut menunduk kayak angkat rok tanda mau pamitan kayak penari gitu dan bilang “Thank you madam kartini”.

Sebenarnya laki gue sedikit protes, ktnya gue jgn terlalu banyak improvisasi ntar malah Helena lupa. Tapi kan, buktinya bisa tuh, Yang. Hehehe.

Sebelumnya, minggu lalu, dia pulang sekolah dengan muka sedih. Katanya: “Mama, aku nggak juara,” Di sekolahnya ada lomba menghias telor paskah.
“Oh, nggak apa-apa,” gue bilang. “Lain kali mungkin juara.”
Dan gue rasanya trenyuh ngeliat dia begitu. Toh gue dan suami gak pernah nge-push dia mesti juara. Waktu di sekolah minggu gereja juga, gue sengaja nggak ikut lomba design telor paskah sebab kan mestinya itu karya anak2, ternyata yg bikin ya ortu2nya juga, dan tentu saja Helena gak dapat hadiah apa2. nyari telor subuh2 juga dia gak dapat doorprize karena cuma dapat tiga butir.

Jadi mungkin dia udah merasa dua kali lomba dia gak dapat hadiah, jd agak sedih. Syukurlah akhirnya dapat piala kali ini.
Ini jadi piala dia yang kedua. Piala yang pertama adalah dari sekolah minggu 2thn lalu, sebagai murid ter-rajin, sebab absensinya paling rajin sesekolah minggu-nya, dan ter-aktif, hehehe.

Coba tebak ‘ter-aktif’ itu maksunya apa?
Dia paling rajin jawab pertanyaan guru2 sekolah minggu.
Cth, pernah guru nanya:
"Siapa yang suka malas bangun pagi?"
Helena langsung duluan ngacung dan teriak, “AKU…”
“Siapa yang suka marahin kalian di rumah?” Tanya guru lagi.
Helena langsung jawab: “PAPA…” (pdhl papa-nya ada di situ, hahaha,,,)
“Siapa yang mau berdoa?”
“Akuu..” Helena langsung ngacung.
“Siapa yang mau bawain kantong kolekte?”
”Akuu..” Helena langsung maju.
“Siapa yang susah makannya?”
”Akuu…”
“Ada yang tahu artinya ‘roti hidup’?”
Helena langsung jawab, “Tadi pagi aku sarapan pake roti.”
Hwahaha… guru2 pada ngakak.

That’s my daughter.

No comments:

Post a Comment